Rabu, 27 November 2019

Mengenal Kampus Biodiversitas Universitas Medan Area (UMA)


Biodiversitas atau keanekaragaman hayati adalah keanekaragam organisme yang menunjukan keseluruhan atau totalitas variasi gen, jenis, dan ekosistem pada suatu daerah yang menjadi dasar kehidupan di bumi.

Universitas Medan Area (UMA) Medan menjadikan kampusnya sebagai kampus biodiversitas. Kampus uma terletak di Jalan Kolam Nomor 1 Medan Estate/ Jalan Gedung PBSI.Universitas Medan Area juga termasuk ke dalam salah satu Perguruan Swasta Terbaik Di Sumatera Utara. Didirikan pada tahun 1983. Sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat. Kampus uma sangatlah luas, dan sangat asri, maka dari itu uma termasuk kampus biodiveristas karena di kelilingi berbagai macam pepohonan, lingkungan kampus yang bersih dan sejuk. 




Universitas Medan Area juga memiliki hutan konservasi buatan sendiri sebagai salah satu penunjang ekosistem alam sekitar. Memiliki berbagai macam flora dan fauna di dalamnya, sebagai tempat refreshing untuk para mahasiswa dan civitas akademika yang berada di kampus uma. Berbagai tipe habitat di kampus ini.

Universitas Medan Area mendeklarasikan kampusnya sebagai Kampus Biodiversitas. Kampus biodiversitas sendiri adalah kampus yang memiliki tingkat keanekaragamanhayati yang tinggi dan semua civitasnya berkomitmen untuk menjaga kelimpahan flora dan fauna itu, serta menjadi salah satu pertimbangan yang penting dalam pengembangan kampus. Deklarasi Kampus Biodiversitas ini dijadikan sebagai pilar pendukung dalam terwujudnya kampus hijau yang ramah bagi masyarakat.

Keadaan kampus UMA yang asri dan nyaman pun banyak mengundang masyarakat untuk datang ke kampus baik untuk sekedar jalan-jalan atau melakukan olahraga. Banyak pula siswa sekolah yang datang ke kampus UMA untuk melakukan kegiatan pembelajaran sehingga penerapan biodiversity-edutourism bisa dicanangkan di kampus ini agar masyarakat juga mengetahui bagaimana cara menjaga kelestarian flora dan fauna yang ada di UMA.

Program kampus biodiversitas ini selayaknya bisa dicontoh oleh berbagai instansi yang lain agar kenyamanan dan kelestarian bumi bisa dijaga. Tingkat keanekaragaman hayati ini menjadi indikator utama apakah suatu ekosistem masih stabil atau tidak, semakin tinggi tingkat keanekaragaman hayati di suatu ekosistem maka ekosistem itu semakin stabil. Kestabilan ekosistem ini adalah sistem alam yang tidak bisa digantikan oleh rekayasa apapun yang dilakukan oleh manusia, keseimbangan alam adalah tanggung jawab dari alam sendiri dan manusia harus bisa menjaganya.

Berikut ini sedikit gambaran kampus uma yang saya abadikan melalui foto..








Nah, asri banget kan lingkungan hutan konservasi uma. Udaranya juga sejuk dan jauh dari yang namanya polusi udara, uma juga dijuluki kampus bestari dan mendapatkan penghargaan sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Sehat oleh kopertis wilayah I, dan menjadi salah satu kampus dengan akreditas A di masing-masing Program Studi nya. Bagi kalian yang bingung memilih perguruan tinggi terbaik di sumatera utara kalian bisa memilih UMA sebagai referensi kampus terbaik yang sudah tidak diragukan lagi konsistensi, dan kualitas terbaik yang menghasilkan lulusan inovatif, berkepribadian baik dan mandiri. Kalian bisa cek langsung website UMA untuk segala informasi mengenai kampus ini di https://www.uma.ac.id/.

Sekian review singkat saya mengenai kampus biodiversitas terbaik di sumatera utara, terimakasih...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar